Jalan Cerita dan Tips Jurus Combo Paul Phoenix Tekken


Kenapa saya suka Paul Phoenix?

Paul Phoenix selalu eksis dalam game dari Tekken 1, 2, 3, 4, 5 & 6 sampai Tekken Tag Tournamen 2.
Dia pun punya jurus dan combo yang efektif dan user friendly, sangat bermanfaat buat saya yang selalu antusias mengikuti turnament tekken (ohya kalau teman-teman juga suka tekken dan ingin mengukur kemampuan / mencari lawan tanding sambil menyalurkan hobi, kalian bisa mencari informasinya di indotekken).



Paul Phoenix punya jalan cerita yang menarik dan sangat manusiawi, penuh dengan joke / lelucon lucu baik disaat pose kemenangan (winning pose) maupun saat ending. Paul Phoenix ialah manusia biasa yang berani mengikuti kejuaraan Tekken, untuk ukuran manusia biasa ia termasuk kuat dan berani.
Dia pun mengakui segala kekurangannya dan kelemahannya dan ia terus berusaha melakukan yang terbaik dan berfikir bahwa beladiri bukanlah sekedar kalah maupun menang, tetapi suatu ajang meningkatkan kemampuan dan pembentukan jati diri yang lebih baik.

Pemikiran seperti itulah yang membuat Paul Phoenix tidak pernah absen dari kejuaraan Tekken. Ada sesuatu yang pahit yang perlu teman-teman tahu, terutama para penggemar Paul, Paul Phoenix merupakan salah satu karakter tekken yang ditakdirkan tidak pernah menjadi juara Tekken (kasian..ya..), setiap kemenangannya dalam ending Tekken hanyalah impian. Namun itu bukanlah suatu yang buruk, justru dengan takdir itu dia menjadi salah satu karakter yang meramaikan dunia Tekken.

Paul phoenix adalah juara beladiri Mix Martial Arts (non-Tekken). Diluar tekken dia sangat kuat, sebelum Heihachi Mishima mengadakan kejuaraan tekken yang pertama (Tekken 1) Paul Phoneix sering mengikuti kejuaraan MMA, dan dia sering menjadi juara dan sangat sombong (dia selalu meneriakan "I'm Number One" disetiap pose kemenangannya).

Namun kseombongannya berakhir setelah dia mengikuti Tekken (The King of Iron Fist Tournament). Kejuaraan beladiri sejagat yang diikuti oleh orang-orang berkemampuan khusus, dan berkekuatan istimewa. Bahkan sebagian dari peserta tekken bukan manusia biasa, contohnya:
  • Keluarga Mishima (Jinpachi Mishima, Heihachi Mishima, Kazuya Mishima & Jin Kazama), mereka adalah keluarga yang dikutuk karena memiliki perjanjian untuk memelihara iblis dalam diri mereka, sehingga mereka menjadi lebih kuat dari manusia biasa. Perjanjian untuk memiliki dua jiwa dalam satu badan seperti Devil Jin, Devil Kazuya & Monster form Jinpachi (monster yang mampu membuka gerbang neraka dan menyemburkan api ke tubuh lawan melalui tubuhnya). Juga young Heihachi (suatu kemampuan yang membuat Heihachi menjadi lebih muda dan lebih kuat setiap ia mau, terlihat di Tekken Tag tournament 2).
  • Manusia Rekayasa Genetika, seperti cyborg Alisa Bisconovic, Bryan Fury, Yoshimitsu, Panda / Kuma, Gun Jack, P-Jack, Jack 5, dan lain-lain.
  • Makhluk Misterius, seperti Ogre, Unknown, True Ogre, Azazel, dan lain-lain.
Walaupun Paul Phoenix adalah manusia biasa, bukanlah suatu halangan menghadapi  lawan-lawan yang luar biasa ini. Bagi dirinya berada pada level mengengah saja sudah cukup, bertarung dengan keluarga mishima adalah suatu kehormatan, walaupun tidak menang. Kesombongannya sebagai juara mix martial arts (diluar Tekken) pun memudar. Dia bertemu dengan forest & marshall law, manusia biasa keturunan cina ahli jeet kune do, dari mereka Paul mempelajari kebijaksanaan. Ia pun mulai paham bahwa kemenengan sejati ialah kemampuan mengalahkan diri sendiri, keberanian Paul menghadapi makhluk-makhluk aneh di dunia Tekken, merupakan suatu prestasi baginya (Paul sering menyebut keluarga mishima & makhluknya sebagai "The Tekken Alien").


Itulah yang menarik dari Paul versi saya, dari ending-nya di Tekken Series, sangat menunjukan bahwa Paul adalah manusia bisa dengan segala kekurangan dan kelucuannya (ditilang polisi, jatuh saat latihan menendang, dikejar-kejar beruang karena sombong, dan lain-lain).

Bagi teman-teman Tekken, yang senang bertanding, saya akan berbagi sedikit Tips jika teman, memakai Paul dalam bertanding, baik bertanding dengan teman komunitas maupun dalam kejuaraan Tekken yang sering diadakan oleh komitas tersebut (ingin melihat info seputar kejuaraan tekken, klik disini). Tipsnya adalah sebagai berikut:
Ada puluhan movement (jurus/  combo Paul dalam Tekken series), tapi saya sarankan kuasai 5 saja:
  1. Bawah, Kotak, Segitiga, Lingkaran. (Efektif dan sulit ditangkis karena bentuk serangannya dari area atas  ke bawah lalu ke tengah, bayangkan betapa susahnya lawan menangkis).
  2. Bawah + Segitiga, Serong Bawah, Segitiga, Segitiga. Setelah lawan jatuh, tekan Bawah + Segitiga. (Pukulan ini masih bisa di tangkis lawan tapi sekali kena akan mengeluarkan combo dan efek demage 4 hits.
  3. Belakang, kotak, segitiga. (cocok untuk counter strike / serangan balasan, jadi sehabis menangkis (biasanya kita kalu menangkis pasti menekan belakanng-kan?!) maka langsung hajar dengan kotak, segitiga).
  4. Depan, depan + Segitiga, Segitiga. Setelah lawan jatuh, tekan Bawah + Segitiga. (Pukulan ini masih bisa di tangkis lawan tapi sekali kena akan mengeluarkan combo dan efek demage 3 hits.
  5. Bawah + Kotak, Segitiga
    (Keterangan; dari tips diatas (+) artinya membarengi, dan (,) artinya lanjut) 
Demikian dari saya.
Selamat Mencoba ;)